Banner

Selasa, 10 Februari 2015

Flow meter Electromagnetic

Electromagnetic flow meter atau magnetic flowmeter atau magmeter merupakan jenis flow meter yang tidak mempunyai bagian yang bergerak (moving part). Magnetic flow meter ini sangat ideal jika digunakan untuk pengukuran aliran fluida yang tidak homogen, cairan yang kotor, cairan yang mengandung lumpur atau untuk cairan limbah ataupun air intake, air bahan baku, air dari waduk atau sungai yang banyak mengandung kotoran atau sampah ( plastik, rumput atayupun lainnya), sehinga cukup cocok digunakan untuk flow meter limbah.

Electromagnetic Flowmeter merupakan jenis flow meter yang mempunyai populasi tertinggi untuk Flowmeter yang digunakan mengukur aliran fluid baik berupa air atau cairan lainnya baik aliran yang corosive, kotor dan lumpur. Karena pemakiannya yang cukup banyak sebagian besar para produsen flow meter mempunyai produk jenis electromagnetic flow meter.
Electromagnetic Flowmeter yang paling banyak digunakan dalam aplikasi pengukuran aliran air dan limbah dan chemical. Sebagaian besar aplikasi dari pemakaian Elecromagnetic flow meter adalah untuk dunia industri seperti industri makanan, minuman, farmasi, perhotelan dan pengolahan limbah karena harus menggunakan flowmeter yang memenuhi persyaratan sanitasi dimana pemasangan atau installasi electromagnetic flow meter perlu diperhatikan dengan seksama
Electromagnetic Flow Meter banyak dipakai pada aplikasi pengukuran liquid yang berupa cairan dan lumpur, yang mempunyai sifat penghantar listrik ( electrically conductive) dimana komponen utama dari flowmeter electromagnetic adalah berupa adalah tabung flow (unsur utama) yang di pasng kumparan listrik baik didalam tabung maupun diluar flow tube.
Pressure drop di flow meter electromanetic adalah sama seperti halnya aliran liquid yang melalui pipa panjang, hal ini dikarenakan karena tidak ada bagian yang bergerak atau hambatan untuk flow. Voltrmeter posisinya ada yang dipasang langsung pada tabung flow meter yang sering disebut dengan sistem local atau bisa juga dipasang di tempat lain yang dihubungkan dengan kabel sesuai dengan kondisi lapangan dimana ini sering disebut dengan sistem remote.
Magnetic flowmeters pada prinsipnya menggunakan Hukum Faraday tentang induksi elektromagnetik. Menurut prinsip ini, ketika medium konduktif melewati medan magnet, tegangan yang dihasilkan. tegangan ini berbanding lurus dengan kecepatan medium konduktif, kerapatan medan magnet, dan panjang konduktor. Dalam Hukum Faraday, ketiga nilai tersebut dikalikan bersama-sama, bersama dengan konstan, untuk menghasilkan besarnya tegangan. karena itu cairan yang diukur oleh flowmeter electromagnetic harus bersifat sebagai conductor electric.
Magnetic Flow meter memiliki keunggulan utama bahwa flow meter electromagnetic ini dapat mengukur cairan konduktif dan cairan korosif dan lumpur, dan Akurasi pengukuran flow cukup akurat

Keterbatasan utama untuk magnetic flow meter adalah tidak dapat mengukur hidrokarbon (yang nonconductive), dan karenanya tidak banyak digunakan dalam minyak dan gas dan industri pengolahan.


Jenis Electromagnetic Flow Meter
  1. 1. In Line Model Magnetic flow meters 
Electromagnetic flowmeter jenis In Line ini dasarnya adalah meletakan sensor atau tranducer yang mempunyai kemampuan menimbulkan medan magnet yang berupa electrode yang diperkuat dengan kumparan (coil electric ) disekeliling pipa dengan pemasangan electrode letaknya berseberangan disisi kanan dan kiri dari body pipa.
Electromagnetic flow meter ini mempunyai tingkat akurasi yang cukup bagus dan bisa hingga 0.2% untuk model tertentu

2. Insertion Model Magnetic Flow Meter
  • EElectromagnetic Flow Meter Jenis Insertion dilakukan dengan cara menyisipkan (Insertion) coil electric kedalam pipa yang akan diukur flow rate nya  dengan memasang electrode di ujungnya..
Jenis Insertion electromagnetic flow meter ini cocok jika digunakan untuk ukuran pipa yang menengah keatas. Mengenai harga dari insertion electromagnetic flow meter ini akan lebih rendah jika diaplikasikan pada pipa dengan ukuran besar.

Flow Meter wiratama menyediakan alat untuk mengukur debit dan laju aliran suatu fluida baik untuk aliran liquid, gas dan powder. Flowmeter memiliki banyak bentuk dan model sesuai dengan kegunaan , fungsi , cara kerja, instalasi dan jenis yang disesuikan dengan kebutuhannya.
Berdasarkan Jenis Fluida, Flow meter dibagi dalam beberapa item seperti flow meter untuk liquid seperti air, oli, solar, cpo, palm oil, chemical, demin water, RO water, limbah, wwt, air laut, air sungai, gula, cream, pasta, kecap, saos, santan, susu, jus, the, sirup, stearin, minyak asam, nira, beverage dan cairan lainnya. Sedangkan flow meter untuk gas bisa berupa udara, udara bertekanan, argon, helium, lpg, lng, cng, nitrogen, oksigen, uap, steam dan gas lainnya.
Dari cara instalasi flow meter dapat dibedakan sebagai flow meter in line dimana cara instalasinya dengan memotong pipa sedangkan koneksinya biasanya berupa flange to flange, thread to theread, Insertion flow meter dimana cara instalasinya dengan melubangi pipa dan sensor flowmeter di masukan kedalam pipa sesuai dengan aturan yang disyaratkan, Clamp on atau clip on jenis flow meter ini hanya dimiliki oleh ultrasonic flow meter atau ufm dimana cara instalasinya tanpa harus merusak pipa dan cukup di temple diluar pipa dan diikat dengan clamp.
Jenis flow meters didasarkan pada bagaimana cara kerja, fungsi dan model dapat di bedakan berupa flow meter Electromagnetic yang sering disebut dengan magnetic flow meter atau magmeter atau EFM, Ultrasonic flow sensor atau UFM, Vortex, orifice, oval gear, root, pd atau positive displacement , variable area, tube, v cone, multi variable, coriolis, mass flow meters, thermal mass, transit time, Doppler, Cone Meters, Nutating disk meter, analog flow meter, mechanical register, Digital flow meters, Woltman meter, Paddle wheel meter, Multiple jet meter, Differential Pressure, Positive Displacement, Open Channel Meters, swirl flowmeter, Target flow , turbine, Propeller meters, paddle wheel, low velocity, low flow, gravitasi, dan lainya,
Material Flow meter dibuat berdasarkan aplikasi yang didasarkan pada jenis fluida dan kondisi lingkungan sehingga dari segi material ada beberapa jenis flow meter yaitu carbon steel, stainless steel, food grade, PVC, Teflon, plastic bodied, sanitary, Flow Sight Glass, alumunium , brass, kuningan, poly propylene, brass flow meter dan bahan lainnya.
Istilah yang sering ditemu di flow measurement seperti gravitasi flow, turn down ratio, transit time, pressure, temperature, flow rate, flow velocity, totalizer, transmitter, waver type, flange connection, sanitary, tri clamp, jenis, type, model, cara installasi, operasional, stting, akurasi, analog out put, pulse, rs485, 4-20 ma, fitting, saddle, portable flowmeters, hand held, wall mount, pnnel mount, insertion, sensor, transducer, gel, compact, remote, integral, split, electrode,
, flow transmitter, low flow meter, flow indicator, flow sensor, sight flow, manual flow meter, installasi flow meter, recorder, temperature, flow rate, display, Low Flow Cutoff, Measuring Range, flow totalizer, Repeatability, Pulse Output, Pulse Rate, meteran air, meteran solar, harga flow meter, jenis flow meter, fungsi flow meter, flow meter adalah, cara kerja flow meter, kalibrasi flow meter, Accuracy, Flange Type, Fluid Viscosity, Pressure Drop, Local Display, compact, integral, remote, split, electrode, turbine, liner material, flow meter types, turbine flow meter, fuel oil, diesel flow meter, magnetic flow meter, gas flow meter, oil flow meter, air flow meter, hydraulic flow meter, tera, kalibrasi dan istilah lainnya

Flowmeter wiratama merupakan distributor berbagai jenis electromagnetic, vortex, ultrasonic, turbine, thermal mass, mass flow, coriolis, orifice, variable area, tube, v cone, oval gear, pd, insertion, paddle wheel, woltman, water meter, gas meter, flow switch, flow gauge.
Flow meter wiratama menyediakan berbagai brand dan manufacture flow meter dari USA, Europe, japan, korea dan china seperti Site Lab, Seametrics, VSE, Dalian, Kaifeng, a kirchner & tochter, aalborg, Actaris, Alderley, alnor( tsi) , aquametro, asahi, ateq, ATG, avery hardor, Blancett, blue white, bopp & reuther, Bristol babcock, clement clarke, CNG Dispenser Gasoline, Dispensing Pump LPG Dispenser, CoolPoint, crown, daniel, Daniel Brooks, dwyer, Dynasonics DUFX1-D1, TFX, DTFXP, D90, D902, S33, TFXD, DTFXD, DTT, DTUFX-D1, D002-2007-001,
Electronic Oil Flowmeter
ENRAF,
Flo-tech,
Flowlevel,
FMC Smith,
gemu
gerand
GF Signet,
Governor Emergency,
great lake instruments
greyline instruments
gruppo isoil
Gruppo Isoil,
Hedland,
heland/ flotech
hersey/ ramapo/ niagar
Hoffer Flow,
humo nics
InstrometGC,
Krohne,
Krohne,
kurz instruments
kytola
liquid controls
LJ,
Mag,
micro motion inc
Nitan.
Nittan,
nitto
Nuflow,
oval
Oval Engineering,
Oval Flow meter
Parker
Pietro Fiorentini,
Positive Displancent, Turbine Flowmeter,
Preso,
Racine Vortex,
rcm
ren
RTG,
SAAB Rosemount,
Sampi,
Satam,
schlumberger
Self-Dispensing Pump,
Slumberger,
TOKICO,
Tokyo Keiso,
turbo
Ultraflux,
vaf
Wasse Varec,

0 komentar:

Posting Komentar

Banner

Postingan Populer